Bagaimana Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf dengan Mudah?

bagaimana cara menentukan ide pokok paragraf

Ide pokok merupakan konsep atau gambaran besar dari sebuah tulisan. Menentukan ide pokok dari sebuah bacaan itu penting untuk memahami apa yang kamu baca. Lalu bagaimana cara menentukan ide pokok paragraf?

Itu sederhana.

Kenali dulu ciri-ciri dari ide pokok, fungsinya dan di mana kamu bisa menemukan ide pokok. Baru selanjutnya adalah bagaimana cara menemukan ide pokok pada sebuah bacaan.

Ciri-Ciri Ide Pokok

Berikut ciri-ciri ide pokok:

  • Gagasan utama atau pikiran utama yang merupakan rangkuman dari detail paragraf.
  • Selalu menjadi kalimat pelengkap tanpa kamu harus membaca seluruh isi paragraf.
  • Mengandung inti permasalahan atau topik (kata, nama, atau frasa yang menjelaskan tentang siapa atau apa maksud paragraf tersebut).
  • Tertuang dalam satu kalimat utama.

Adapun fungsi ide pokok bacaan adalah sebagai penjelas dari inti dan tujuan teks bacaan. Dengan menemukan ide pokok, maka ini akan memudahkan kamu memahami bacaan tersebut.

Namun yang menjadi pertanyaan, di mana kamu bisa menemukan ide pokok? Sebuah ide pokok terletak pada:

  • Awal paragraf – kalimat pertama dalam paragraf seringkali menjelaskan subjek dari pokok bahasan.
  • Kalimat penutup – gagasan utama juga dapat diungkapkan dalam sebuah rangkuman. Pada rangkuman biasanya akan mengarahkan informasi ke paragraf selanjutnya.

Memang ide pokok tidak selalu dinyatakan dengan jelas. Penulis sering mengungkapkan ide utama secara langsung atau tersirat atau melalui kesimpulan.

Namun kamu dapat menemukan ide pokok yang tersirat melalui beberapa cara. Pahami tips khusus berikut ini untuk menentukan ide pokok dari sebuah bacaan.

Tips Bagaimana Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf :

  1. Identifikasi Topik

Pertama, kamu hanya perlu fokus untuk membaca keseluruhan teks bacaan. Setelah mencermati isi paragraf dengan seksama dan intensif, coba untuk mengidentifikasi topik tentang siapa dan apa yang dituliskan.

  1. Merangkum Bacaan

Garis bawahi bagian yang menurut kamu penting dan sesuai dengan apa yang dibahas. Kemudian buat rangkuman dengan kata-kata kamu sendiri dalam satu atau dua kalimat.

Perhatikan kembali ringkasan informasi yang berisi tentang apa yang telah kamu baca. Lalu tanyakan ini pada diri kamu sendiri:

  • Apakah sudah sesuai dengan topik umum bacaan?
  • Apakah gagasan kamu sudah sama dengan apa yang diungkapkan  oleh penulis?
  • Bisakah kamu membuat judul atau sub judul dari ringkasan tersebut kurang dari lima kata?

Jika kamu bisa menjawab ‘iya’ dengan pasti, artinya kamu berhasil memilih ide utama dari sebuah paragraf.

  1. Cari Kalimat Utama

Perhatikan kalimat pertama dan kalimat selanjutnya. Pisahkan kalimat untuk melihat kalimat yang merupakan tema dari seluruh bacaan.

Mungkin kamu melihat kata-kata seperti, ‘tetapi, namun, bagaimanapun, dan lain-lain. Jika keberadaan kata-kata ini meniadakan kalimat pertama atau sebagai pelengkap dari kalimat pertama, maka itu adalah petunjuk.

Petunjuk bahwa gagasan utama dari bacaan ada pada kalimat kedua.

  1. Cari Pengulangan Ide

Jika kamu kesulitan untuk merangkum karena terdapat begitu banyak informasi, mulailah dengan:

  • mencari ide terkait yang ditulis berulang;
  • mencari frasa atau kata; dan
  • baca sekali lagi.

Setelah membaca untuk kedua kalinya, buat kesimpulan dari setiap paragraf yang sudah kamu baca. Ini akan membantu kamu mendapatkan ide pokok dari apa yang diinformasikan penulis.

Sederhananya:

  • Baca dan perhatikan seluruh isi paragraf dengan cermat.
  • Tandai ide pokok dan informasi penting dari masing-masing paragraf.

Setelah kamu mengetahui ide pokok yang kamu cari, itulah maksud dari bacaan yang kamu baca. Sekarang kamu paham bukan bagaimana cara menentukan ide pokok paragraf? Tidak sesulit yang kamu bayangkan!